Langsung ke konten utama

Suka Dengan Hamster? Lihat Dulu Cara Merawat Hamster Yang Baik

cara merawat hamster

Hamster adalah hewan kecil yang sekilas terlihat seperti tikus, hewan ini banyak disukai para pecinta binatang. Hewan ini merupakan salah satu jenis binatang  yang berumur pendek. Masa hidupnya berkisar antara 4 hingga 8 tahun saja. Namun dengan cara merawat hamster yang baik akan dapat memperpanjang masa hidupnya. Bagi yang menyukai hewan ini, yuk simak lebih dalam bagaimana cara merawatnya.

Jenis Dan Cara Merawat Hamster

Hamster adalah salah satu jenis binatang peliharaan favorit bagi penyuka hewan karena bentuknya yang imut dan lucu. Ada beberapa jenis hamster yang biasanya sering dipelihara oleh penyuka binatang seperti syirian, winter white, white face atau roborovski, dan juga campbell. 

Selain terlihat imut dan lucu, binatang yang satu ini juga cara perawatannya lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan perawatan kucing atau anjing. Suka dengan hamster ? Sebelum berniat memilikinya, lihat dulu beberapa cara merawat hamster yang baik agar tetap sehat dan berumur panjang.

1. Pemilihan Kandang Harus Sesuai

Cara merawat hamster yang baik, pertama kali yang harus dilakukan yaitu dengan cara memilih kandang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan hamster. Agar dapat hidup sehat setiap hamster mempunyai kebutuhan kandang berbeda antara satu dan yang lainnya. 

Kebanyakan luas kandang hamster yang normal mempunyai ukuran kurang lebih sekitar 60 x 30 cm atau luasnya  sekitar 0,24 meter. Kandang hamster ini biasanya dibuat dengan menggunakan material dari plastik tebal atau kaca yang dilengkapi dengan lubang kecil sebagai ventilasi untuk pertukaran hawa agar hamster merasa nyaman karena tidak panas dan pengap.

Setelah melakukan  pemilihan jenis kandang hamster, selanjunya pilihlah tempat yang pas untuk meletakannya. Sebaiknya kandang hamster ini diletakan pada tempat yang terlindung dan tidak terkena akses matahari langsung. Selain itu kandang hamster juga jangan terlalu dekat dengan binatang peliharaan lain seperti kucing atau anjing karena dapat membahayan keselamatannya.

2. Pemilihan Alas Yang Baik Untuk Kandang Hamster

Cara merawat hamster yang kedua dengan pemilihan alas kandang juga sangat penting, agar hamster merasa nyaman berada di dalam kandang. Alas kandang hamster ini sebaiknya memakai bahan yang aman contohnya seperti serutan kayu aspen.  Sedangkan untuk serutan yang berasal dari jenis kayu pinus dan kayu cedar sebaiknya dihindari karena dapat menganggu sistem pernapasan hamster. 

Selain itu sebaiknya jangan menggunakan tisu toilet yang panjang atau bahan yang berasal dari kapas untuk alas kandang, karena akan membahayakan hamster kakinya mudah tetlilit. Untuk menjaga kebersihan sebaiknya alas kandang secara rutin harus dibersihkan setiap hari. 

cara merawat hamster

3. Perlengkapan Kebutuhan Hamster

Cara merawat hamster yang ketiga yaitu dengan memenuhi perlengkapan untuk kebutuhan makan hamster, karena kebutuhan ini berkaitan erat untuk kelangsungan hidup hamster. Perlengkapan kebutuhan hamster tersebut seperti, tempat makan, tempat minum dan juga tempat bermain Contohnya roda berputar, agar hamster dapat tumbuh dan hidup sehat. 

Untuk perlengkapan kebutuhan hamster sebaiknya memakai wadah yang terbuat dari logam atau tembikar karena lebih kuat sehingga hamster tidak mudah untuk menggigitnya. Biasanya kalau wadah makanan hamster terbuat dari plastik akan cepat rusak karena digigit hamster.

4. Memenuhi Kebutuhan Makan Hamster

Cara merawat hamster selanjutnya dengan memberikan makanan hamster secara rutin setiap hari dengan makanan bergiji seimbang. Biasanya dengan memberinya makanan khusus hamster yang berbentuk dadu yaitu pelet. Selain itu bisa juga memberikan makanan yang berasal dari biji bijian, meski kurang mengandung nutrisi yang cukup makanan jenis biji bijian ini sangat disukai hamster. 

Selain memberi makanan yang baik, meski hamster tidak memerlukan banyak air namun harus tetap memberinya air untuk minum pada wadah tersendiri. Pastikan wadah jangan sampai bocor karena hamster akan mengalami stress bila wadah air tersebut bocor dan mengenai badannya. Demikian beberapa informasi tentang cara merawat hamster yang mudah dilakukan, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Website Gratis dan Sesuai Keinginan

Menulis bagi sebagian orang adalah hal yang menyenangkan. Selain dapat menuangkan apa yang ada dalam pikiran, juga dapat menjadi sumber penghasilan dan website adalah salah satu sarananya. Melalui website dengan mudah informasi dibagikan sehingga banyak orang yang dapat merasakan manfaatnya. Bagi Anda yang tertarik menulis di website, Anda berada pada halaman yang tepat karena disini kami akan membahas cara membuat website. Cara Membuat Website Gratis Kita sudah menyaksikan bagaimana website mengantarkan banyak orang menjadi sukses. Website bisa dijadikan sarana berbagi informasi, hiburan, jual-beli dan juga blog pribadi. Mulailah dari sekarang untuk memiliki website sendiri tanpa harus pusing memikirkan biaya yang akan dikeluarkan untuk membuatnya. Saat ini Anda bisa memanfaatkan berbagai platform gratisan. Anda bisa belajar cara membuat website secara gratis disini. 1. Tentukan platform gratisan yang akan digunakan. Banyak sekali platform yang bisa Anda, salah satunya adalah Wordpres

6 Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Mudah

Mempunyai rambut yang sehat dan bebas rontok merupakan impian bagi semua orang. Namun untuk memperolehnya memang tidaklah mudah. Ada beberapa faktor pemicu rambut rontok, diantaranya seperti stress, kehamilan, pengaruh obat-obatan, hormon, dan lain sebagainya. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, ada beberapa cara alami yang bisa digunakan di rumah diantaranya : 1. Lakukan Pijatan di Kulit Kepala Dengan Teratur Untuk merawat rambut yang rontok, cara pertama ialah dengan melakukan pemijatan kulit kepala. Anda bisa memakai minyak hangat, berupa minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak almond dengan teratur, Hal tersebut dapat membantu mengatasi stress sekaligus meningkatkan sirkulasi peredaran darah, sehingga dapat menstimulasi folikel rambut. Di samping itu, cara tersebut juga dapat membantu mengatasi masalah ketombe serta infeksi di kulit kepala. 2. Kendalikan stress Stress dapat menyebabkan timbulnya masalah-masalah keseha

5 Cara Merawat Mesin Cuci Agar Tahan Lama

Cara merawat mesin cuci memang susah-susah gampang. Perawatan perlu dilakukan secara teratur agar mesin lebih tahan lama. Perawatannya sebenarnya mudah saja dilakukan, hanya memang perlu perhatian khusus. Umumnya, mesin cuci rusak dikarenakan cara penggunaannya yang salah atau kurangnya perawatan. Sehingga mengakibatkan hasil cucian kurang maksimal. Cara Merawat Mesin Cuci Mencuci pakaian dapat menjadi lebih mudah ketika dilakukan dengan mesin cuci. Praktis dan efisien membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Mulai dari merendam, mencuci, sampai dengan proses membilas dan mengeringkan pakaian. Namun terkadang, perawatan yang diberikan justru tidak maksimal, sehingga menyebabkan mesin mudah rusak. Berikut beberapa tips dan trik merawat mesin cuci agar lebih tahan lama. Selain itu, tentunya dapat membantu dan memberikan hasil yang lebih optimal. Meski caranya terlihat simple, namun jangan pernah meremehkan cara merawat mesin cuci. Jika perawatan yang diberikan sesuai dan tepat, tentu mesi