Langsung ke konten utama

7 Panduan Cara Merawat Anak Kucing Dengan atau Tanpa Indukan

Cara merawat anak kucing memang bukan hal yang mudah dilakukan. Anda penyuka kucing tentu harus sabar merawat dan menjaga mereka sampai mereka besar. Anda bisa meniru tindakan induk kucing yang memberi makan memandikan anaknya dan lain sebagainya untuk memelihara supaya anak kucing dapat bertahan hidup.

Cara Merawat Anak Kucing Mudah

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat anak kucing, diantaranya :

1. Menjaga Suhu Kandang Kucing Supaya Tetap Hangat

Saat Anda mempersiapkan tempat atau kandang bagi bayi kucing, sebaiknya perhatikan temperatur kandang. Jaga supaya kandang tetap hangat, sebab bayi kucing baru lahir biasanya masih rentan serta masih belum kuat terhadap udara panas atau dingin. Jika perlu, Anda bisa memasang bohlam pijar di kandangnya agar bayi kucing tetap merasa hangat.

2. Bersihkan Sisa Plasenta Induk Kucing

Walaupun induk kucing dapat melahirkan dan membersihkan tubuhnya sendiri, tapi terkadang masih saja terdapat sisa-sisa plasenta tertinggal di tubuh anak kucing, sehingga induknya pun enggan mendekat. Dalam hal ini, Anda bisa membantu membersihkan sisa plasenta dengan menggunting sisa dari plasenta tersebut. Dengan demikian tubuh anak kucing lebih bersih sehingga induknya tertarik untuk mendekat dan merawat anaknya. Ini juga bisa membantu sang induk menyusui anaknya lebih cepat.

3. Tempatkan Anak Kucing Bersama Induknya

Karena si anak kucing masih bergantung pada sang induk, sebaiknya biarkan ia bersama induknya, agar induknya bisa membersihkan, menyusui dan memberinya kehangatan. Di samping itu, letakkan induk kucing beserta anaknya di kendang yang berukuran lebih luas supaya induknya lebih leluasa untuk bergerak.

4. Jangan Memegang Kucing di Bawah Usia 1 Minggu

Sebaiknya sebagai pemilik, tidak diperkenankan memegang si anak kucing yang usianya di bawah 1 minggu, sebab biasanya sang induk akan marah. Usia yang dianjurkan untuk memegangnya ialah saat berusia 2-7 minggu, karenanya si kucing akan terbiasa disentuh manusia. Tapi, ada pengecualian bagi kucing yang telah terbiasa dengan aroma manusia. Lebih baik lagi jika membiarkan aroma Anda sudah familiar bagi anak kucing.

5. Pastikan Disusui Induknya

Hal terpenting lainnya saat merawat anak kucing bersama induknya ialah dengan memastikan si induk tetap menyusui anaknya. Seperti halnya manusia, indukan yang baru saja melahirkan akan menghasilkan colostrum atau air susu yang baik untuk kekebalan tubuh anak kucing. Hal ini dikarenakan, colostrum mengandung vitamin A, vitamin D, antibodi, dan protein.

6. Pastikan Kelancaran Pup dan Buang Air Kecil Anak Kucing

Anak kucing yang masih baru dilahirkan belum lancar buang air besar ataupun buang air kecil, maka dari itu harus dirangsang terlebih dulu. Biasanya induk kucing melakukannya dengan menjilati saluran kencing atau anus anaknya. Akan tetapi jika bayi kucing tersebut tidak didampingi oleh sang induk, sebaiknya Anda membantu mengusap saluran kencing dan anusnya menggunakan tisu basah atau kapas.

7. Timbang Berat Badan Anak Kucing

Cara ini dilakukan agar meminimalisir penurunan atau peningkatan berat badan secara berlebihan pada bayi kucing. Idealnya bayi kucing akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 10 gram per hari. Selain itu, dikhawatirkan jika anak kucing akan mengalami obesitas. Sebaliknya, jika berat badannya tidak lebih dari 10 gram, Anda harus perhatikan proses menyusui indukannya apakah normal ataukah tidak.

Itulah 7 cara merawat anak kucing dengan atau tanpa indukan yang harus Anda perhatikan agar kucing hidup sampai berusia dewasa. Semoga bermanfaat!

Komentar


  1. Imut2 anak kucingnya.....Ternyata ada juga cara memelihara anak kucing tanpa induk...

    Thanks mas bermanfaat nih artikelnya tentang cara merawat kucing.

    BalasHapus
  2. Nice info. Nah, yang repot jika anak kucing dilahirkan dan disimpan oleh induknya di atas atap rumah dan di bawah genting. Dan itu terjadi di rumah saya. Anehnya si anak kucing tidak tersetrum listrik atau mati pengap, hidup normal, hanya saja jadi sangat liar, takut kepada manusia, tapi begitu tertangkap langsung memberontak dan mencakar. Belum lagi tubuhnya kotor penuh tungau hehe..

    BalasHapus
  3. Ternyata ada beberapa caranya ya, saya punya kucing tapi pup aja masih sembarangan karena saya biarkan.

    BalasHapus
  4. agak rumit juga penjagaan anak kucing ini..

    hanya mereka yang berminat sahaja yang sanggup

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Website Gratis dan Sesuai Keinginan

Menulis bagi sebagian orang adalah hal yang menyenangkan. Selain dapat menuangkan apa yang ada dalam pikiran, juga dapat menjadi sumber penghasilan dan website adalah salah satu sarananya. Melalui website dengan mudah informasi dibagikan sehingga banyak orang yang dapat merasakan manfaatnya. Bagi Anda yang tertarik menulis di website, Anda berada pada halaman yang tepat karena disini kami akan membahas cara membuat website. Cara Membuat Website Gratis Kita sudah menyaksikan bagaimana website mengantarkan banyak orang menjadi sukses. Website bisa dijadikan sarana berbagi informasi, hiburan, jual-beli dan juga blog pribadi. Mulailah dari sekarang untuk memiliki website sendiri tanpa harus pusing memikirkan biaya yang akan dikeluarkan untuk membuatnya. Saat ini Anda bisa memanfaatkan berbagai platform gratisan. Anda bisa belajar cara membuat website secara gratis disini. 1. Tentukan platform gratisan yang akan digunakan. Banyak sekali platform yang bisa Anda, salah satunya adalah Wordpres

6 Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Mudah

Mempunyai rambut yang sehat dan bebas rontok merupakan impian bagi semua orang. Namun untuk memperolehnya memang tidaklah mudah. Ada beberapa faktor pemicu rambut rontok, diantaranya seperti stress, kehamilan, pengaruh obat-obatan, hormon, dan lain sebagainya. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, ada beberapa cara alami yang bisa digunakan di rumah diantaranya : 1. Lakukan Pijatan di Kulit Kepala Dengan Teratur Untuk merawat rambut yang rontok, cara pertama ialah dengan melakukan pemijatan kulit kepala. Anda bisa memakai minyak hangat, berupa minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak almond dengan teratur, Hal tersebut dapat membantu mengatasi stress sekaligus meningkatkan sirkulasi peredaran darah, sehingga dapat menstimulasi folikel rambut. Di samping itu, cara tersebut juga dapat membantu mengatasi masalah ketombe serta infeksi di kulit kepala. 2. Kendalikan stress Stress dapat menyebabkan timbulnya masalah-masalah keseha

5 Cara Merawat Mesin Cuci Agar Tahan Lama

Cara merawat mesin cuci memang susah-susah gampang. Perawatan perlu dilakukan secara teratur agar mesin lebih tahan lama. Perawatannya sebenarnya mudah saja dilakukan, hanya memang perlu perhatian khusus. Umumnya, mesin cuci rusak dikarenakan cara penggunaannya yang salah atau kurangnya perawatan. Sehingga mengakibatkan hasil cucian kurang maksimal. Cara Merawat Mesin Cuci Mencuci pakaian dapat menjadi lebih mudah ketika dilakukan dengan mesin cuci. Praktis dan efisien membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Mulai dari merendam, mencuci, sampai dengan proses membilas dan mengeringkan pakaian. Namun terkadang, perawatan yang diberikan justru tidak maksimal, sehingga menyebabkan mesin mudah rusak. Berikut beberapa tips dan trik merawat mesin cuci agar lebih tahan lama. Selain itu, tentunya dapat membantu dan memberikan hasil yang lebih optimal. Meski caranya terlihat simple, namun jangan pernah meremehkan cara merawat mesin cuci. Jika perawatan yang diberikan sesuai dan tepat, tentu mesi